Taman Nasional Baluran – The Little Africa, East Java

IMG_20171026_104744

Baluran National Park is the first National Park that I ever visited. yaa, Taman Nasional Baluran adalah taman nasional pertama yang saya kunjungi dari hampir lima puluhan taman nasional yang tersebar dari ujung barat Indonesia sampai timur Indonesia. Oh how pity I am. Sepertinya taman nasional harus sudah menjadi my bucket list karena tak bisa dipungkiri taman nasional kita punya beragam kekayaan alam yang ditawarkan mulai dari laut, hutan, satwa langka bahkan ada yang menjadi Unesco World Heritage seperti Taman Nasional Ujungkulon di Jawa Barat dan Taman Nasional Gunung Leuser di Sumatera. Thats why, may be, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup sedang gencar-gencarnya meng-hayo hayokan masyarakat Indonesia ke taman nasioanal dengan hastag #ayoketamannasioal.

DSC_1896

DSC_1894
Landscape Baluran

Taman nasional Baluran disebut sebagai the little Africa in Java. Miniaturnya Africa yang ada di jawa. Kata-katanya nih, kalau Baluran hampir mirip dengan yang sering kita lihat di TV National Geopark. Mungkin hewan-hewannya aja kali yang tidak sebanyak di Afrika. Ahhh.. I hope someday, I will be in Africa to see giraffes or gazelle in savannah. Taman nasional ini adalah tempat konservasi dan pelestarian alam yang dimana bahwa kawasan tersebut adalah ekosistem asli satwa dan tumbuhan disana. Taman nasional ini juga digunakan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan dan pariwisata. Itu sebabnya ketika kami kesana, ada beberapa anak PKL yang sepertinya sedang meneliti monyet-monyet yang berkeliaran.

IMG_20171026_105111

IMG_20171026_105205

Hal yang membuat saya tertarik ke Baluran adalah (menurut info berbagai sumber) savananya yang luas dan kemuning, serta berbagai satwa liar seperti rusa, monyet, burung merak, kerbau liar, banteng yang bisa kita temui di sana. Tapi sayangnya waktu saya kesana tidak semua hewan-hewan itu bisa saya lihat. Tetapi savana yang kuning dan kering memang sangat bagus ditambah lagi berlatar gunung Baluran menjadikan taman nasional ini semakin eksotis.

Baluran terletak kecamatan Banyuputih di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi, selat Madura dan Selat Bali. Sekitar 1 jam dari pusat kota Banyuwangi. Pintu masuknya ada di Jalan Raya Situbondo – Banyuwangi jadi sangat mudah untuk di cari. Tiket masuk sekitar Rp 7.500/orang.

Setelah bayar tiket, masih beberapa menit dari pintu masuk suasana Taman Nasional langsung berbeda. Kiri kanan langsung gersang dan pohon-pohon warnya kuning semua. Kayak berada di suatu wilayah yang kekeringan dan kekurangan sumber air. Setelah hampir beberapa km, kami melewati kawasan hijau yang sangat sejuk. Mas Didi pemandu kami bilang itu namanya Evergreen. Sepanjang tahun kawasan itu memang hijau meskipun sekelilingnya kalau musim kemarau akan gersang. Saya tidak tahu mengapa itu bisa terjadi mungkin karena perbedaan iklim, kelembaban udaranya atau jenis tanah. Biarlah mereka para ahli hutan yang tahu.

1. Savana Bekol
Savana bekol adalah hamparan taman yang berwarna coklat dan kuning. Di savana bekol ada banyak monyet, beberapa rusa, dan kerbau liar.

IMG_20171026_105950

2. Savana Bama
Savana ini tidak sekering savana Bekol tetapi lebih banyak monyet disini yang kami temui. Ada juga burung elang dan beberapa spesies lainnya.

IMG_20171026_112326
Burung elang di Savana Bama

3. Pantai Bama
Pantai Bama adalah bagian dari savana bama. jaraknya sekitar 5 km dari savana bekol. Pantainya berpasir putih. Kami hanya duduk- duduk saja menikmati senja di pantai ini sambil menyaksikan monyet-monyet liar mengejar makanan para pendatang.

IMG_20171026_123737
Pantai Bama
IMG_20171026_123633
Pantai Bama
IMG_20171026_123510
Pantai Bama

4. Hutan Manggrove Bama
Ada moyet, biawak, ular, kepiting dan beberapa jenis ikan kecil yang saya lihat di hutan Manggrove. Suasananya sangat sejuk.

IMG_20171026_120957
Hutan Manggrove Bama

Saya sangat excited ketika berada disana, sepertinya Baluran menjadi suatu tempat yang komplit ada pantai, hutan savana, evergreen, hutan bakau, dan satwa-satwa liar yang hidup bebas disana.

2 thoughts on “Taman Nasional Baluran – The Little Africa, East Java

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s