Museum Manusia Purba Sangiran – The Home land of Java Man

DSC_0937Museum Purbakala Sangiran terletak di Kabupaten Sragen dan Karangayer, Provinsi Jawa Tengah. Menurut banyak penelitian dari Indonesia dan dunia bahwa di dua kabupaten inilah situs manusia purba terbanyak di dunia. Untuk itulah museum ini ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia atau world heritage oleh UNESCO, organisasi PBB yang mengurusi bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya.

Warisan dunia adalah apa yang kita miliki dan kita bisa wariskan kepada generasi selanjutnya tanpa menghilangkan inspirasi yang diberikannya. Situs warisan dunia adalah milik semua orang terlepas dimana pun mereka berada. Warisan dunia UNESCO memiliki 981 situs, dengan rincian : 759 warisan budaya, 193 warisan alam dan 29 situs antara warisan budaya dan alam. Indonesia menyumbangkan sebanyak 8 warisan dunia, dengan rincian: 4 warisan alam dan 4 warisan cagar budaya salah satunya adalah situs manusia purba di Sangiran – sragen.

DSC_0934

Situs Sangiran – sragen ini dikenal tahun 1893, ketika Eugene Dubois meneliti ke sangiran. Infonya sih, di daerah ini sudah ditemukan sekitar 100 fosil manusia purba (Homo Erectus) atau 50 % lebih temuan fosil Homo Erectus di dunia.

Situs ini banyak dijelaskan di berbagai buku sejarah dan ilmu pengetahuan. Jadi  kedatangan kami ke tempat ini pun karena disetir buku sejarah itu. Hanya membutuhkan waktu 1 jam saja dari Jogja – Solo naik kereta ekonomi, saya ajaklah kak ika kesana. Asumsi saya awalnya museum ini terletak di sekitar solo ternyata berada di kabupaten lain yaitu kabupaten sragen, dari stasiun Solo balapan kita, saya dan kak ika menyewa taksi stasiun. Perjalanan  menuju situs ini sangat alami dan sepertinya jarang dikunjungi orang.

Meseumnya sih over all sudah dilengkapi dengan berbagai informasi yang jelas tentang manusia zaman purbakala, hewan purbakala dan bagaimana system kehidupan zaman dulu. Museum ini satu-satunya punya Indonesia bahkan dunia. Jadi, Indonesia bisa banggalah ya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s