Goa Gelatik, Eksotisnya Goa Stalagtit & Stalagmit di Gunung Kidul.

Pernah tahu atau mendengar stalagit dan stalagmit?

_MG_3397
Langit-langit Goa yang diyakini penduduk setempat sebagai Candi Borobudur terbalik, Goa Gelatik Maret 2017

Saya sendiri tahu tentang stalagtit dan stalagmit pertama kalinya waktu duduk di bangku SMA ketika pelajaran geografi. Secara sederhana stalagtit adalah batuan kapur yang menggantung di langit-langit goa, ada yang masih aktif ditandai dengan tetesan-tetesan air yang menetes di ujung batu. Sedangkan Stalagmit adalah batuan yang membentuk gunung-gunung kecil yang tumbuh di lantai goa. Batuan – batuan tersebut mengandung kapur dan tinggi rendahnya batu tergantung tetesan-tetesan air yang menetes di ujung goa.

 

Saya tidak pernah membayangkan mengunjungi dan melihat stalagtit dan stalagmit di salah satu goa di Indonesia. Waktu berkunjung ke Jogjakarta, kepikiran tentang wisata goa pun tidak. Hingga Mas Sigit, driver sekaligus guide yang menemani perjalanan saya, putri dan Kak Ika selama di Jogja menawarkan pergi ke goa Pindul. Mas Sigit bilang, di goa pindul kita bis rafting, setelah sepakat kami pun cus dari Sleman menuju Gunung Kidul. Perjalanan dari Sleman membutukan waktu 1 jam perjalanan. Setelah kami sampai di kawasan Goa pindul, ada satu goa yang menarik hati saya untuk dikunjungi. Goa Gelatik namanya. Goa gelatik masih satu kawasan dengan Goa Pindul. Pengelola wisata mengatakan bahwa Goa Pindul dan Goa Gelatik adalah Goa yang dipenuhi stalagtit namun bedanya Goa Pindul adalah Goa yang dialiri sungai sedangkan Goa Gelatik itu adalah goa kering yang dipenuhi oleh stalagtit dan stalagmit dan butuh trekking jika harus menyusuri lorong goa.

_MG_3396

Diselimuti rasa penasaran yang luar biasa, pilihan saya pun jatuh ke Goa Gelatik dan setelah menyusuri goa gelatik maka kami akan meyusuri Goa pindul. Rasa takut dan rasa deg-degan pun terbersit di dalam pikiran tetapi ah sudahlah toh juga belum pernah ke tempat seperti ini.

Mas Anton dan Mas Dimas yang menjadi guide kami ke dalam goa, banyak bercerita bahwa dulu Goa ini dijadikan sebagai markas berlindungnya pasukan Jenderal Ahmad Yani dan digunakan sebagai tempat semedi beberapa tokoh. Goa gelatik panjangnya ±10 meter tetapi jalan ke lorong goa sangat gelap dan ada beberapa spot yang harus mewajibkan kita merangkak masuk ke ruangan-ruangan di dalam goa.

 

_MG_3404
Merangkak menyusuri Goa Gelatik

Goa Gelatik juga menjadi sarang bagi kelelawar-kelelawar pemakan serangga, dindingnya pun ada yang diyakini penduduk setempat sebagai gambaran candi seperti candi Borobudur di Magelang.

_MG_3413

 

Hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk menapaki goa ini tapi menyisakan pengalaman yang luar biasa buat saya. Ada yang tertarik berkunjung ke tempat ini?? 🙂

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s