Tak Berkategori

Pesona Gunung Sibayak

Jalan-jalan ke gunung alias istilah kerennya hiking, seru banget ya, guys. Yuppp… gak bakal nyesal deh kalo udah berjuang sampai puncak, kita bakal tahu seberapa worthnya kita buat bertahan menuju pencapaian. Tapi selalu ingat ya guys, tujuan utama dari setiap pendakian itu mau setinggi apapun puncak gunung yang kamu daki adalah pulang ke rumah dengan selamat. Kali ini aku mau ngajakin teman-teman ke barat nya Indonesia, tepatnya di Sumatera utara. Sumatera Utara memang masih identik dengan Danau Toba nya yang mendunia tapi tenang guys, Sumatera Utara gk seluas danau Toba doank kog. Banyak banget tempat yang bisa dikunjungi di provinsi ini (aku aja belum jalanin semua walaupun udah bertahun-tahun hidup dsini. Hehehe). Salah satunya yah puncak sibayak. Jadi, menurut info yang pernah aku baca tuh gunung ini salah satu anak dari gunung Toba yang dulu sekitar 25.000 tahun lalu pernah meletus dan menjadi letusan terdahsyat di dunia sepanjang sejarah. Sebenarnya bukan hanya   gunung sibayak yang dihasilkan dari letusan gunung toba tersebut, diantaranya yaitu danau toba sendiri, sipoholon, gunung sinabung, pusuk buhit ( cmiiw yaaa :D).
Puncak sibayak (sekitar 2000an mdpl) itu sendiri berada di gunung sibayak. Loh? Masa di gunung pangarango?? Hahaha. Ok. Jadi puncak sibayak itu adalah salah satu gunung yang indah dan cocok banget bagi pendaki pemula. Ada beberapa jalur yang bisa dicapai menuju ke puncak tapi yang paling mudah itu dari pemandian air panas sidebuk-debuk (ini recommended buat yg belum kuat hiking benaran). Kalau dari Medan kita menuju Berastagi bisa dengan bus yg pada asik nongkrong di simpang pos dan simpang kuala Medan. Perjalanan Medan-Brastagi sekitar 1 jam lebih, dari sidebuk-debuk (kaki gunung) mulai melakukan perjalanan menuju leher gunung. Di trek ini jalannya sudah aspal. Sampai leher gunung mulailah melakukan pendakian. Menurutku sih, tidak terlalu sulit apalagi disuguhi bau khas hutan dan pemandangan yang indah. Wahh,, benar-benar buat jatuh hati, guys.
Kurang lebih mungkin 4 jam sudah sampai d puncak.

Ini salah satu kawah puncak guys.

image

Jadi itu kawahnya panas bgt ya, jgn coba-coba mau lari-lari deh ntar melepuh lagi. Seperti yang kita ketahui bahwa sibayak ini adalah gunung stratovolcano dan masih tergolong gunung berapi aktif. Di puncaknya itu yang kebanyakan kita lihat yah kawah air panas. Dari puncak juga kita bisa melihat puncak gunung sinabung. Kondisi di puncak itu kalau malam dingin dan siang lumayan panas ya guys dan sibayak memang tempat yang bagus banget buat foto-foto, jadi jgn lupa bawa kamera, juga jgn lupa bawa baju ganti. Heheh

Ini foto-foto aku dan teman-teman alumni SMA Budi Mulia Pematangsiantar waktu pendakian tahun 2009

image

Diriku lagi termenung memikirkan nasib…

image

Lihat dibelakang ada banyak belerang kan???

image

Itu teman aku lagi ngapain ya??

Ini aku share foto dengan teman-teman kuliah, pendakian tahun 2012 tapi bukan dari sidebuk-debuk, guys tpi dari jalur lain yang pasti lebih ekstrem dan dalam kondisi hujan hikingnya. Let’s check this..

image

Liat backgroundnya aja yahh.., hehehe. Modelnya kurang menarik

image

Keren gak sih??

image

Kami lagi ngopi nih, asik banget pagi-pagi dah dibuatin kopi sama abg ranger kami yang baik hati. Oh ya guys, maafin kami ya… byk botol bekas dan kala itu rada kurang peka, tp tenang kami bawa sampah balik kog 🙂 gk ngebiarin keindahannya rusak krn sampah. Buat teman-teman yang bertualang ke gunung, laut, pantai, alam, ingat ya guys : jangan ambil apapun kecuali foto, jangan bunuh apapun kecuali waktu, jgn tinggalkan apapun termasuk sampah kecuali jejak, let’s be smart traveler. Ok manteman 🙂

image

Ini cewe-cewe perkasa yang udah naklukin mendaki sibayak, dengan pertolongan dan kasih Tuhan tentunya 🙂

image

Kami ketemu banyak bule loh di atas sibayak. Kalo gk lupa pasangan suami istri ini datang jauh-jauh dari Holland (Belanda) buat nikmatin indahnya Indonesia. She said : I really love Indonesia, your country is very beautiful.I  hear sidebuk-debuk from my colleague and I am very glad to come here”.
Di perjalanan pulang juga byk bule yg trekking sama anak-anak mereka.
Wahhh. Orang Eropa aja datang jauh-jauh ke Sumut hanya mau lihat betapa indahnya Indonesia. Ayo dong guys, jgn mau ketinggalan. Forget malls, enjoy outdoors!!

See you next journey beloved friends….

2 comments

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s